0

Resep 12m+ : Sup Krim Kentang, Nasi Goreng Keju, Nasi Ayam Saus Tiram, Cah Hati Ayam & Sup Ayam Sayuran

Long weekend! Hari Sabtu kemaren yang biasanya saya & Suami suka keluyuran kalo lagi sama2 libur, entah kenapa lagi males2nya keluar pengen di rumah aja. Masak! Belanjanya udah nyicil dari minggu kemaren tapi masih males masak nunggu long weekend.. Hihihi.. Akhirnya saya & Suami masak bareng2 buat makan kita dan Zoey.. Disimpen di kulkas bawah secukupnya buat makan 3 hari ini, sisanya distok di freezer buat MPASI Zoey seminggu ke depan. Semua resep tanpa penyedap ya, karna kita juga pengen sehat makanya masak dengan resep sehat buat bayi. Ini hasil masak penuh cinta dari jam 7.30 – 15.00. Selamat mencoba! 🙂

SUP KRIM KENTANG

Bahan :
2 siung bwng putih haluskan
1 kentang ukuran sedang..rebus..haluskan
4 lembar nori..potong kecil2 panjang
1 buah jamur kuping atau lebih..iris tipis
1 buah telor
2 sdm butter
1 gelas susu UHT
Keju parut 20gr

Cara Memasak
1. Tumis bawang putih dg butter hingga harum..masukkan telur..orak arik hingga matang
2. Masukkan susu,jamur,kentang,keju,nori
3. Setelah mendidih angkat.Sajikan.

NASI GORENG KEJU

1 mangkok nasi putih
1 sdm unsalted butter
1 sdt keju yg telah diparut halus
1 buah tomat sedang, cincang
1/2 wortel lokal, parut
5 kuntum seledri, cincang
1 siung bawang putih, cincang
1 siung bawang merah, cincang
1 telur ayam kampung, goreng orak arik
1 sdm minyak zaitun (EVOO)
5 sdm air matang

Cara Memasak :
1. Panaskan minyak zaitun dan unsalted butter, masukkan bawang putih & bawang merah. Tumis sampai harum.
2. Masukkan wortel & seledri, beri air matang 5 sdm, aduk sampai setengah matang
3. Masukkan nasi, telur orak arik & keju parut. Aduk2 hingga matang. Sajikan dg taburan keju parut di atasnya

NASI AYAM SAUS TIRAM

Bahan :
1 mangkuk kecil nasi
ayam kampung fillet secukupnya
1 sachet saus tiram saori
1 siung bwng putih (cacah kecil)
1 siung bwng merah (cacah kecil)
1 sdt minyak zaitun (EVOO)

Cara Memasak:
1. Tumis bwng merah dan bwng putih dg minyak zaitun..beri saus tiram..tumis sebentar sampe harum..beri air sedikittrrr biar ga gosong
2. Masukkan ayam.. tumis hingga setengah matang.. Diamkan dengan api kecil sampai bumbu meresap. Sajikan di atas nasi hangat

CAH HATI AYAM

Bahan :
1 buah hati ayam kampung potong dadu
1/2 buah jagung manis serut kecil2
1 siung bwng putih (cacah kecil)
1 siung bwng merah (cacah kecil)
1sdt saus tiram
125 ml air kaldu
1/2 wortel lokal (lbh manis dr wortel impor)

Cara Memasak:
1. Tumis bwng merah dan bwng putih dg minyak zaitun..beri saus tiram..tumis sebentar sampe harum..beri air sedikit biar ga gosong
2. Masukkan hati ayam tumis hingga setengah matang
3. Masukkan jagung..wortel..
4. Beri air kaldu.. Masak sampai matang, hidangkan

SUP AYAM SAYURAN

Bahan
1 siung bawang putih
5 cm bawang pre
Ayam kampung potong dadu
Jagung pipil
Wortel parut
Seledri
200ml kaldu ayam
2 buah sosis sapi
1 sdm Unsalted butter
1 buah jamur kuping, iris tipis2

Cara membuat

1. Tumis bawang putih dan bawang pre dengan unsalted butter hingga warna keemasan dan harum
2.masukkan ayam.tumis
3.masukkan air kaldu
4.masukkan seledri
5.rebus sampai daging ayam empuk
6.masukkan wortel, jamur, jagung pipil, sosis. rebus sampai empuk

20140330-175305.jpg

Happy long weekend! :))

0

Sup Krim Yummy

20140131-052816.jpg

Assalamu’alaikum.. 🙂

Berkat grup Mamak-Mamak Hebat *yang akan saya posting tersendiri ceritanya, hihihi*, saya jadi semangat bereksperimen dengan masak memasak. Beberapa minggu lalu pas saya detashare ke Royal Square, pulang kantor saya mampir Superindo Royal Square beli bahan2 buat masak sambil jalan pelan2 di sepanjang rak bahan2 dapur untuk belajar dan mencerna macem2 bahan. *mule ngerti skrg bedanya tepung terigu sama tepung beras putih* *tapi masih belum paham apa fungsi kemiri, pala, dkk 😅*. Begitu nyampe rumah langsung praktek masak! Ga peduli udah hampir tengah malem 😁.

Ini resep dari mertuanya Mamak Candri, sup krim! Jadinya uwenaakk rasanya creamy2 gitu.. Resep ala2 koki2 newbie *seperti saya* saya tulis di bawah ini ya. Jangan diketawain, sumpah asli saya bener2 sepolos ini dalam hal masak memasak 😆 :

1. Rebus daging sampe empuk (warnanya jadi abu2 trus kaldunya udah naik ke permukaan keliatan butek2 gitu. Kalo dagingnya ditusuk pake garpu encus2 empuk) trus dipotong dadu. Kaldu disimpen buat bikin masakan yang lain.
2. Jagung manis, buncis, wortel dikukus pake dandang selama 15 menit trus jagung disisir, buncis & wortel dipotong kecil2
3. Bawang bombay dicincang kasar aja
4. Siapin teflon, masukkan mentega sampe cair trus tumis bawang bombay sampe wangi, matikan kompor
5. Di panci tanpa nyalain kompor, masukkan susu uht dan tepung terigu dengan perbandingan 1 sdm tepung terigu : 1 liter susu uht. Jadi kalo masaknya kurang/lebih dari itu disesuaikan aja. Masukkan susu uhtnya dulu baru tepung terigu trus aduk2, hilangkan gumpalan2nya dg cara diteken pake sendok di dinding panci sampe gumpalannya larut ke dalam campuran kuah ini *kebayang kan ya kayak gmn?*. Baru setelah itu nyalakan apinya kecil aja sambil diaduk2
6. Masukkan bawang bombay yang udah dicincang, jagung manis, buncis, wortel ke dalam campuran susu uht & tepung tadi, aduk2 sampe semua kecampur & baunya harum
7. Nah ini sudah jadi! kalo buat anak langsung disisihkan sedikit di panci kecil/mangkok, langsung disuguhkan ato dimasukkan kulkas buat stok besok. Kalo buat kita tambahkan merica bubuk sama royco/penyedap apapun dikiit aja (dominan merica bubuknya biar enak) trus aduk2 lagi.

RASANYA ENDEUS SURENDEUS! YUMMY!

Makasih ya Mamak Candri resepnyaa.. Suami & anakku sukaa! :’)

#yakalisampegasuka #dibelainmasaksampetengahmalem #dapetinspirasidimalamhari #kalopagisudahrempongdengananakdansuami #anggepajametimedimalamhari #yangpentingpuasdanhappy 😅😅😅

Oya sengaja ga pake takaran bahan2 karna bener kata Mamak Candri, masak itu pake insting 😄. Pokoknya kuahnya agak banyak dari campuran uht-terigu tadi, isiannya tinggal menyesuaikan bisa ditambahi apa aja. Oya masak malem2 pas weekend ternyata enak kayak kata Mamak Mega, having some me time dan besokannya bisa bangun siang mumpung libur 😁.

Sekian, wassalam! 🙂