Topik prepared speech saya untuk Toastmaster BM#2 Project kemaren adalah :

“Breastfeeding Mom at Work is NOT Impossible”

Di sini saya berusaha meng-encourage ibu2 bekerja untuk dapat menyusui anaknya. Karna judul BM#2 nya adalah Organize Speech, jadi saya harus menyampaikan pidato dalam bahasa inggris selama 5-7 menit dengan Opening, Body dan Conclusion yang bagus, alur speech yang runtut dan mengalir, sambil disertai data2 yang menunjang dan boleh membawa alat peraga. Jadi waktu bikin speech saya browsing dulu, apa aja poin2 penting supaya berhasil menyusui sambil berkerja :

👶🏼 Pahami manfaat terbaik ASI untuk Ibu dan Bayi
🌾 ASI dapat mencegah alergi, sakit berkepanjangan, SIDS pada bayi, serta mengurangi resiko babyblues dan kanker payudara pada ibu. Kalo udah paham betul manfaatnya, pasti termotivasi untuk bisa terus menyusui 😊

👶🏼 Siapkan peralatan untuk memompa ASI di kantor
🌾 Ini yang paling penting! Saya sengaja membawa peralatan pribadi yang dulu saya pakai sebagai alat peraga. Ada nursing apron, nursing bottle, breastpump, ice gel dan cooler bag. Everyone’s so excited! Bapak2, ibu2, semua amazed liat saya demo pake nursing apron.. 😂

👶🏼 Dapatkan support dari lingkungan sekitar
🌾 Menyusui membutuhkan dukungan maksimal dari suami, keluarga, kepala unit kerja atau teman2 kerja di kantor. Ada UU yang melindungi ibu2 bekerja agar tetap bisa menyusui lho.. 😊

In short, kandungan di dalam ASI adalah antibodi terbaik untuk anak. Selain itu emotional bonding antara ibu dan anak yang didapat pada saat proses menyusui, berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Saya termasuk salah satu survivor dari ibu2 bekerja yang berhasil menyusui sampai dengan 2 tahun. Rasanya bangga, puas, dan legaaa.. Kayak habis lulus S2.. *lempar toga 😂*. Because i always keep this quote in mind :

“Mum’s Milk is The Best”

😘😘😘

Komentar dari evaluator :

“Everyone’s captivated by your speech, it’s so inspiring! The information’s useful and we’re looking forward to hear your next speech!”

So proud! So satisfied! Alhamdulillaah..😍🙏🏻❤️

‘Till my next BM#3 project! Wish me luck! 🙏🏻❤️

View on Path

Leave a Reply

