Cuti Hamil & Melahirkan

Fyi, saya sudah mule cuti hamil & melahirkan sejak 21 Januari kemaren. Banyak yang nanyain, kok ngambil cutinya lama banget sebelum HPL? Ga sayang ga bisa lama sama Baby? Ketahuilah, akupun juga ingin cuti mepet2 biar bisa lebih lama sama Baby. Tapi apa mau dikata. Sejak beberapa bulan terakhir, kebijakan kantor saya perihal cuti hamil dan melahirkan mengalami perubahan. Dari yang sebelumnya kita bisa ngambil cuti mepet2 H-1 minggu sampe H-2 hari sebelum HPL, sekarang harus pas 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan sesudah melahirkan. Kalo dulu mah bebas, pokoknya total cutinya 3 bulan. Kalo sekarang kita harus minta surat keterangan HPL dari Obgyn, dan harus sudah ngambil cuti 1,5 bulan sebelum HPL. Tapii.. ini yang ga enak. Kalo Baby lahir, walopun lebih maju, 1,5 bulan sesudahnya harus tetep masuk kalo ga mau dianggap mangkir. Tapi kalo Baby lahirnya mundur dari HPL, Ibunya tetep harus masuk 1,5 bulan setelah HPL sesuai surat keterangan dari Obgyn. Nah? See? It’s not me who doesn’t want to be much longer with my Baby right after the delivery.

Banyak temen2 yang belum adapt sama kebijakan baru ini. Kadang ada yang udah ngambil mepet2 HPL, maksudnya biar bisa lama sama Baby, tapi habis Baby lahir 1,5 bulan setelahnya harus tetep masuk. Sisa cutinya? Hangus. Sayang banget kan. Dari pengalaman temen2 itu akhirnya saya mutusin buat follow the rule dan minta surat keterangan HPL dari Obgyn saya, trus ngajuin cuti hamil dan melahirkan sesuai aturan baru. That’s why, saya sudah ‘harus’ mulai cuti 21 Januari 2013 kemarin sampai 21 April 2013, dengan catatan Baby saya lahir pas tanggal 5 Maret 2013. Jadi sudah berapa lama saya cuti? Pas 3 minggu ini😀.

Gimana rasanya cuti? Seperti yang saya bilang di post saya sebelumnya, WENAK POL😀. Saya bener2 menikmati tiap hari yang saya lewatin selama cuti. Kapan lagi bisa kayak gini kalo ga lagi hamil? Ya kan? Hehe.. Kegiatan saya setiap hari hampir selalu sama, bangun pagi pas Adyt berangkat kerja, siapin sarapan sama bikin anget2an, abis Adyt berangkat baru males2an lagi, mandi, sholat, makan, nyuci piring, baca novel/buku/majalah, nulis2 diary/agenda, belanja2 di olshop bayi, bbman sama ibu2 muda hihihi, maen HayDay, dll. Tapi yang lebih banyak pasti istirahat, karna emang bener kalo udah di usia kehamilan menginjak trimester 3 perut bagian bawah sudah mulai sakit. Kalo dipaksa ngantor jadinya ga maksimal, buat jalan sakit banget. Jadi emang paling enak dibuat rebahan. Kalo buat jadwal harian saya sudah nge-plan :

Senen – Puasa
Selasa – Jalan Pagi
Rabu – Jalan Pagi
Kamis – Puasa
Jum’at – Renang
Sabtu – Senam Hamil
Minggu – Istirahat😀

Semua sudah saya konsultasikan ke dr. Amang yang memang nyaranin di minggu2 terakhir ini saya banyak beraktivitas, dan yang terpenting boleh puasa. Kalo puasa Senen-Kamis ini salah satu bentuk tirakat saya & Adyt. Demi lancar dan dimudahkan dalam persalinan, amiinn…

Eh btw saya mau nambahin lagi, jadwal olahraga Adyt yang ga kalah heboh😀

Antara Senen s.d Kamis – Tenis
Jum’at – Perisai Diri
Sabtu/Minggu – Skateboard di Adrenaline Park Bukit Darmo Golf/G-Walk

Jadi di minggu2 akhir ini kita sama2 banyak olah raga, hampir ga pernah Friday Movie Date lagi😀. Paling kegiatan rutin buka puasa bareng di luar tiap Senen dan Kamis. But we really love it!🙂

Happy Sunday!🙂

2 thoughts on “Cuti Hamil & Melahirkan

Leave a Reply

